Senin, 15 Juni 2009

Mousavi Diminta Buktikan Pemilu Iran Curang

Mir Mousavi
Mir Mousafi: Kalah dalam pemilu Iran
Hossein Mousavi diminta menunjukkan bukti-bukti jika telah terjadi ketidakberesan dalam pemilihan umum Iran, pekan lalu. Pernyataan itu disampaikan pemimpin spiritual Ayatollah Ali Khamenei dalam pertemuan dengan Mousavi Ahad sore 14/06/09 di Teheran. Sayyid Ali Khamenei kepada Mousavi mengatakan, “Karakter Anda berbeda dengan orang-orang semacam ini. Untuk itu, lakukanlah langkah-langkah dengan sabar dan damai.”
Dari situs Rajanews dan Farsnews, Ahad (14/6/2009), Sayyid Ali Khamenei juga memerintahkan otoritas terkait untuk melakukan penyelidikan terkait laporan kecurangan pilpres.

Berdasarkan penghitungan suara komisi pemilihan nasional Iran, Sabtu lalu, Ahmadinejad unggul jauh atas Mousavi dengan mengumpulkan 63 persen suara. Sementara mantan perdana menteri Iran, Mousavi, mengumpulkan 32 persen.

Hari Minggu kemarin, Mousavi mengadukan ketidakberesan penyelenggaraan pilpres kepada parlemen, Dewan Garda Revolusi Islam Iran, pilar lembaga pemerintahan Iran yang terdiri dari 12 anggota berpengaruh. Sebagaimana yang dimuat dalam situs Farnews.

Dalam situsnya, Mousavi juga meminta seluruh pendukungnya melakukan unjuk rasa menolak hasil pilpres. sebagaimana yang di rilis oleh situs Rajanews dan Farsnews, demonstrasi itu berlangsung ricuh. Pendukung Mousavi bertindak brutal dan anarkis dengan merusak fasilitas umum dan menghancurkan kaca-kaca mobil. Beberapa puluh orang pendukung Mousavi diamankan oleh polisi antgi huru hara.

Tidak ada komentar: