Minggu, 21 Juni 2009

Kepolisian Iran : Fazezah Hashemi Diamankan, Tak Ditahan


faeze hashemi2

Demonstrasi yang dilakukan para pendukung Mousavi dan dihalau oleh aparat keamanan telah mengakibatkan jatuhnya korban tewas 10 orang dan ratusan cedera. Sejumlah pelaku telah ditahan.

Dalam demonstrasi yang berujung pada aksi anarki tersebut, Mousavi dan Karrubi turut hadir dalam demontrasi inkonstitusional itu,meski Pemimpin Tertinggi, Ayatullah Khamenei menyeru para rival Ahmadinejad untuk tidak menggerakkan massa pendukungnya untuk melakukan protes jalanan.

Telivisi alalam melaporkan penahanan Faezah Hashemi, putri Hashemi Rafsanjani. Spekulasi tdan kesimpangsuran tentang alasan penahanan Faezeah yang turut dalam aksi demo itu lenyap setelah pihak Kepolisian Iran, menyatakan bahwa Faezah dan empat anggota keluarganya “diamankan” demi melindunginya dari hal-hal yang akan mengacamnya. Meski demikian, aljazeera menyangsikannya.

Sementara itu, Mohammad Khatami mengeluarkan pernyataan yang menuntut pembebasan para tahanan.

Perkembangan terakhir makin memperjelas adanya friksi dan upaya menggoyah posisi Ayatullah Khamenei sebagai Pemimpin Tertinggi yang menurut para tokoh reformis telah memperlihatkan sikap berpihak kepada Ahmadinejad, yang dianggap sebagai capres yang melakukan kecurangan.

Tidak ada komentar: