Selasa, 30 Juni 2009

Ahmadinejad Benar-benar Curang!

Ahmadinejad
Ahmadinejad
Situs Farsnews hari ini, Senin [29/06/09], merilis laporan dari Dewan Garda yang telah melakukan penghitungan suara ulang surat suara pemilihan presiden. Berdasarkan penghitungan sementara di distrik Teheran, suara untuk Mahmoud Ahmadinejad dan kandidat lainnya tidak ada perubahan, bahkan suara Ahmadinejad bertambah. Penghitungan suara itu dihadiri oleh perwakilan Dewan Garda, Ketua KPU, perwakilan imam Jumat Teheran, Pewakilan Mahmud Ahmadinejad dan beberapa instansi terkait lainnya.
Dilaporkan kantor berita IRNA dan Farnews, Senin [29/6/2009], penghitungan ulang itu dilakukan dibeberapa tempat yang dianggap penuh kecurangan terhadap 10 persen dari total surat suara. Hasil dari perolehan suara capres Ahmadinejad, justru bertambah di salah satu distrik Teheran.

Selain di 22 distrik di Teheran, penghitungan juga dilakukan di sebelah barat provinsi Kurdistan dan kota Karaj, sebelah barat Teheran.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari Dewan Garda hasil penghitungan ulang itu akan dirilis. Namun Dewan Garda memastikan akan mengumumkannya pada Senin malam ini.

Komisi pemilihan nasional Iran pada 13 Juni lalu mengumumkan Ahmadinejad meraih suara terbanyak dengan mengumpulkan 62 persen suara lebih. Sementara Mousavi hanya mendapat 34 persen suara.

Dewan Garda sebelumnya mengumumkan tidak ada kecurangan berarti dalam pilpres tahun ini sehingga tidak perlu adanya pemilihan ulang seperti yang dituntut dua capres yang kalah, Hossein Mousavi dan Mehdi Karroubi. Sementara itu, kandidat capres Mohsen Rezai menyatakan menarik diri dari tuntutannya.

Tidak ada komentar: